image

SIBANGMAN, Juara II dalam Lomba Inovasi daerah lingkup Pemerintah Kota Jambi kategori Tata Kelola Pemerintahan

Jambi (30/11/23), Pemerintah Daerah berkewajiban dalam melakukan berbagai program prioritas Nasional yang di amanatkan oleh pemerintah pusat melalui berbagai kebijakan, seperti penanggulangan kemiskinan, Stunting, Kota Sehat, Germas, Aids-Tuberkulosis-Malaria, dan Kota Layak Anak. Oleh karena itu, Bidang PPM (Pemerintahan dan Pembangunan Manusia) Bappeda Kota Jambi berinisiatif membuat satu inovasi berbasis aplikasi untuk mengatasi kendala tersebut yang diberi nama SIBANGMAN atau Sistem Informasi Pembangunan Manusia. Aplikasi SIBANGMAN ini mulai di rencanakan pada bulan Desember tahun 2022, selanjutnya mulai disosialisasikan dan di gunakan pada bulan Juni tahun 2023. Aplikasi SiBangman (Sistem Pembangunan Manusia) sesuai dengan gagasan Walikota Jambi menjadikan Kota Jambi sebagai Smart City, melalui Misi Kota Jambi, khususnya Misi 1 yakni Penguatan birokrasi dan meningkatkan pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi, dimana aplikasi SiBangman merupakan salah satu bentuk Tata Kelola Pemerintahan sebagai pelaksanaan dari Misi 1 tersebut. Aplikasi SiBangman merupakan bentuk pemanfaatan teknologi informasi guna mewujudkan pemerintahan yang semakin efektif dan efisien. Aplikasi SiBangman dinilai dan terbukti dapat membantu Pemerintah Kota Jambi dalam melakukan pemetaan program/kegiatan/sub kegiatan, target, dan alokasi serta realisasi anggaran dalam pelaksanaan 6 (enam) Program Prioritas Nasional di Kota Jambi. Selain itu, Stakeholder terkait dapat lebih efektif dan efisien dalam hal meningkatkan kapasitas tata kelola pemerintahan, terutama Bappeda sebagai koordinator dalam pelaporan isu pembangunan nasional yang dilakukan secara berkala.

Hal yang menjadi dasar pembuatan aplikasi SiBangman salah satunya adalah perbedaan format pemetaan pada 6 (enam) isu pembangunan nasional oleh stakeholder se-Kota Jambi, nilai unggul dari aplikasi ini selain mempercepat dan mempermudah pemetaan 6 (enam) isu pembangunan nasional. Aplikasi ini memuat penyamaan format pemetaan sehingga menjadi satu data terpadu yang sistematis, karena pada aplikasi SiBangman terdapat menu download template rekapitulasi isu pembangunan nasional sesuai dengan dasar hukum kegiatan SiBangman, yakni Keputusan Kepala Bappeda Kota Jambi Nomor 40 Tahun 2023 tentang Penggunaan Aplikasi Sistem Pembangunan Manusia (SiBangman) Kota Jambi Tahun 2023, Selain itu Bappeda hal-hal dapat melakukan verifikasi, jika sesuai dengan yang telah disusun/dimuat di DPA, apabila belum sesuai maka Bappeda akan menolak/mengembalikan pemetaamn tersebut untuk diperbaiki kembali oleh stakeholder. Selanjutnya Bappeda Kota Jambi selaku koordinator kegiatan juga dapat melakukan update pada Dashboard Sibangman terkait capaian 6 (enam) isu pembangunan nasional di Kota Jambi. Pada Bulan Juli Tahun 2023. Aplikasi SiBangman mengalami updating yaitu pada saat menginput pemetaan program/kegiatan/sub kegiatan, user tidak perlu menginput secara berulang program/kegiatan/sub kegiatan apabila termasuk ke beberapa isu pembangunan nasional, user cukup mencetang isu pembangunan nasional yang menjadi irisan.

Pada tanggal 31 Oktober Tahun 2023 Bappeda Kota Jambi melalui Aplikasi SIBANGMAN mengikuti perlombaan Inovasi daerah lingkup Pemerintah Kota Jambi kategori Tata Kelola Pemerintahan dan berhasil meraih Juara II. Juara I diraih oleh  BPKAD dengan inovasi Eblud, kemudian juara III diraih oleh BKPSDMD dengan Inovasi Sipendol (Sistem Informasi Pendaftaran Diklat Online), Juara 4 Dinas Komunikasi dan Informatika dengan inovasi Aplikasi Satu Data kota Jambi, dan juara 5 Dinas Kesehatan dengan inovasi Jambi Bugar.  Pemberian  Piala pengahrgaan  di berikan oleh PJ Walikota Jambi Ibu Sri Purwaningsih, SH., MAP. pada peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-52 Kamis, 30 November 2023 di Lapangan Utama Kantor Walikota Jambi.