image

PELATIHAN PPD RPJMD PUSBINDIKLATREN-UNIV TRUNOJOYO MADURA

Jambi (14/8/23) Dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai negeri sipil (PNS) dalam mendukung sinergi perencanaan pusat dan daerah, serta untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan daerah, Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas telah mengadakan Pelatihan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura.


Pelatihan ini dilaksanakan selama 13 hari dari tanggal 31 Juli s.d. 12 Agustus,  yang diikuti Sebanyak 24 Peserta berasal dari berbagai pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Sebanyak 5 (lima) orang dari Bappeda Kota Jambi telah terpilih untuk mengikuti Pelatihan tersebut yang terdiri dari Fungsional Perencana dan Fungsional Umum, yaitu Mustika Affianti, Febby Febrina, Dio Desta Pradana, Qurrota Ayuni, Fran Ronal Banito.


Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu Luring dan Daring. Dalam Kegiatan Luring peserta memperdalam materi dan berdiskusi langsung dengan Narasumber dari Pusbindiklatren dan Universitas Trunojoyo bertempat di kampus Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura Jawa Timur. Selain itu peserta juga mengunjungi Bappeda Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan sharing informasi terkait proses penyusunan RPJMD Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan dengan Field Trip ke Desa Wisata Pujon Kidul Batu Malang untuk melihat sistem perencanaan pembangunan di tingkat desa.  


Dengan mengikuti pelatihan ini, banyak hal yang diperoleh peserta untuk  meningkatkan kemampuan dalam penyusunan kerangka rancangan RPJMD dan kedepannya peserta diharapkan bisa terlibat langsung dalam proses penyusunan RPJMD di daerah masing-masing.