image

ASISTENSI INOVASI AJANG PERSIAPAN INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) 2023

Jambi (29/5/23) Di Tahun 2022, Kota Jambi berhasil mendapatkan penghargaan  sebagai salah satu kota terinovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri. Untuk itu dalam rangka mempersiapkan ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2023, Pemerintah Kota Jambi telah melakukan penjaringan inovasi-inovasi yang ada di Perangkat Daerah melalui penginputan data Inovasi kedalam Aplikasi SIKO. Hal ini sesuai dengan slogan One Agency One Innovation yang ada serta di perkuat dengan Peraturan Walikota Jambi Nomor 25 Tahun 2020 tentang Inovasi Daerah.

Selain melakukan penginputan kedalam Aplikasi SIKO Bappeda Kota Jambi melalui bidang Litbang juga mengadakan Asistensi kepada perangkat daerah. Asistensi ini bertujuan untuk memperbaiki proposal inovasi yang telah dibuat serta memperbaiki kelengkapan indicator maupun data dukung inovasi tersebut. Hal ini sangat diperlukan karena Inovasi bukan hanya sekedar kegiatan tetapi harus disertai dengan bukti kegiatan tersebut, seperti dasar hukum, isu strategis yang  memunculkan gagasan inovasi, tahapan dari inovasi, keunggulan dan kebaharuan serta kondisi sebelum dan setelah adanya inovasi tersebut.

Saat ini peranan Inovasi  sangatlah penting dalam rangka akselerasi pembangunan daerah, selain itu inovasi daerah diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah dan tentu saja mendukung target-target yang telah ditetapkan oleh daerah. Untuk itu diharapkan pada IGA tahun 2023 ini, Pemerintah Kota jambi dapat kembali meraih kategori terinovatif sehingga bisa mendapatkan dana insentif daerah yang nantinya bermanfaat untuk masyarakat kota Jambi.