image

Rapat Tindak Lanjutan Implementasi SAKIP Kota Jambi

Jambi (24/8/23) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) adalah  rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasiikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. SAKIP merupakan instrumen yang bermanfaat untuk mengetahui pencapaian akuntabilitas instansi pemerintah dalam mencapai kinerja yang telah ditetapkan dalam  dokumen perencanaan. Kualitas implementasi SAKIP Kota Jambi pada tahun 2022 mencapai 67,37 dengan tingkat akuntabilitas “B”. 


Berkaitan dengan target pencapaian tingkat akuntabilitas “BB” untuk penilaian tahun 2023 maka Pemerintah Kota Jambi yang terdiri dari Bappeda Kota Jambi, Inspektorat Kota Jambi dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Jambi  dipimpin oleh Wakil Walikota Jambi, Bapak Dr. dr. H. Maulana, M.K.M,dan didampingi oleh Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Dr. H. M. Jailani, SH, MH. melaksanakan koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) yang diwakili oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah I, Bapak Akhmad Hasmy. Melalui kegiatan tersebut telah diperoleh hasil evaluasi SAKIP Kota Jambi yang disertai dengan saran-saran perbaikan. Bapak Wakil Walikota Jambi, menginstruksikan kepada segenap tim SAKIP untuk menindaklanjuti hasil evaluasi serta saran perbaikan yang telah diterima. 


Menindaklanjuti arahan tersebut pada tanggal 22-23 Agustus 2023 bertempat di Ruang Rapat Bidang PPM Bappeda Kota Jambi telah dilaksanakan kegiatan tindak lanjut untuk menyusun review terhadap hasil evaluasi SAKIP Kota Jambi dengan melibatkan sembilan OPD dalam Kota Jambi. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menyusun laporan sebagai jawaban evaluasi SAKIP yang telah disampaikan Kemenpan dan RB. Dalam pertemuan juga telah disampaikan progress pembangunan aplikasi e-SAKIP yang rencananya akan dapat diakses dan diisi kelengkapan datanya oleh OPD terkait. Kedua tujuan tersebut diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam perbaikan evaluasi SAKIP Kota Jambi dan tingkat akuntabilitas Kota Jambi pada tahun 2023. (AAM)