image

MUSRENBANG RPJPD 2025-2045

Jambi, (07/05/24). Dalam rangka penyusunan dokumen grand design perencanaan Pembangunan untuk periode 20 tahun ke depan telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Jambi Tahun 2025-2045 pada hari Selasa, 07 Mei 2024 bertempat di ruang aula Bappeda Kota Jambi. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Pj Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, SH, MAP dan dihadiri oleh Perangkat Daerah, DPRD, Instansi Vertikal, Akademisi, Perwakilan Organisasi non Pemerintah dan Asosiasi Profesi dan pemangku kepentingan terkait. Hasil Musrenbang RPJPD diruuskan dalam berita acara kesepakatan Musrenbang RPJPD dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrenbang.

Musrenbang RPJPD dilaksanakan untuk membahas Rancangan RPJPD dalam rangka penajaman Visi, Misi, Arah Kebijakan dan Sasaran Pokok RPJPD yang didasarkan pada hasil evaluasi RPJPD sebelumnya dan pencapaian target Pembangunan saat ini. Visi RPJPD Kota Jambi Tahun 2025-2045 yaitu, “Kota Jambi Maju, Sejahtera, Adil dan Berkelanjutan”. Visi yang diwujudkan ke dalam Misi :

1.       1. Mewujudkan Transformasi Sosial,

2.       2. Mewujudkan Transformasi Ekonomi,

3.       3. Mewujudkan Transfromasi Tata Kelola Pemerintah,

4.       4. Memantapkan Ketenteraman dan Ketertiban Umum, Demokrasi Substansial dan Stabilitas Ekonomi Makro Daerah

5.       5. Ketahanan Sosial Budaya dan Ekologi

6.       6. Mewujudkan Pembangunan Kewilayahan Yang Merata dan Berkeadilan

7.       7. Mewujudkan Transformasi Penyediaan Sarana Prasarana Daerah, dan

8.       8. Mewujudkan Kesinambungan Pembangunan

RPJPD Kota Jambi Tahun 2025-2045 disusun dengan memperhatikan keselarasan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 dan RPJPD Provinsi Jambi Tahun 2025-2045 terkait sassaran visi, sasaran misi dan indicator kinerja sasaran. Tujuan dari penyelarasan dokumen perencanaan pembangunan secara berjenjang tersebut adalah untuk memastikan pelaksanaan Pembangunan jangka Panjang di seluruh Indonesia memiliki keterkaitan dan mendukung target-target yang ditetapkan menuju Indonesia Emas Tahun 2025.

Isu-isu strategis yang menjadi Concern dalam RPJPD Kota Jambi Tahun 2025-2045 adalah :

1.       1. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

2.       2. Infrastruktur Dan Konektivitas Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

3.       3. Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia

4.       4. Lingkungan Hidup Yang Berkelanjutan dan

5.       5. Kualitas Pelayangan Public dan Praktik Good Corporate Governance Dalam Pemerintah Daerah

RPJPD Kota Jambi Tahun 2025-2045 merupakan sebuah milestone atau pencapaian yang bernilai historis bagi segenap instan perencana Kota Jambi, khususnya Bappeda Kota Jambi. Di dalamnya bukan hanya berisi rangkaian kalimat dan data-data yang rigid tapi juga mengandung cita-cita jangka panjang yang mulia untuk kemajuan perkembangan Kota Jambi yang bisa dirasakan dan dinikmati seluruh warga Kota Jambi.