image

Workshop Inventarisasi Gas Rumah Kaca (ICLE) Sebagai Upaya Kota Jambi Mengurangi Emisi GRK

Jambi (20/05/2024), Pemerintah Kota Jambi merupakan anggota dari ICLEI-Local Governments for Suistainbility. Sebuah asosiasi global Pemerintah Daerah yang memberikan dukungan pada pemerintah daerah di seluruh dunia untuk mewujudkan pembangunan yang rendah karbon (low carbon), berketahanan iklim (resilient), adil dan berpusat pada manusia (equitable and people-centered), berbasis pada ekosistem (natured-based) dan berorientasi ekonomi sirkular (circular economy). Seluruh Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Kota Jambi memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam mencapai target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam National Determined Contribution (NDC) sebagai wujud komitmen Perjanjian Paris (Paris Agreement).

Pemerintah Kota Jambi dalam Rancangan Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 menetapkan target penurunan intensitas emisi GRK sebesar 70-75% dengan baseline 16,87% pada tahun 2025. Untuk mencapai target tersebut diperlukan pemahaman yang komprehensif dan holistik dari perangkat daerah yang menjadi leading sector dari bidang-bidang yang berkontribusi terhadap emisi GRK serta upaya praksis untuk menurunkan intensitas emisi. Mengingat pencapaian target penurunan emisi GRK secara nasional merupakan agregasi dari pencapaian target di tingkat pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota maka diperlukan akselerasi dalam aspek teoritik, analisis dan praktik dari ASN perangkat daerah dalam Lingkup Pemerintah Kota Jambi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Jambi memenuhi undangan yang disampaikan oleh ICLEI untuk menjadi peserta Workshop Inventarisasi GRK yang berlangsung dari tanggal 14 Mei s.d 17 Mei 2024 di Menara Peninsula Hotel, Jalan Letjen S. Parman Nomor 78, Slipi, Jakarta Barat. Melalui keikutsertaan dalam workshop ini, diharapkan akan diperoleh pengetahuan, praktik baik, berbagi pengalaman dan jejaring yang berguna untuk menyusun Rencana Aksi Inventarisasi GRK Kota Jambi yang akan berfungsi sebagai data induk untuk merencanakan intervensi kebijakan dan program guna penurunan intensitas GRK di Kota Jambi sekaligus bagian dari ikhtiar untuk mempersiapkan mitigasi perubahan iklim.

Keikutsertaan Bappeda Kota Jambi diharapkan dapat menjadi bekal untuk dapat mengidentifikasi dan mengumpulkan aktivitas yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan inventarisasi emisi GRK di semua sektor yang relevan dengan profil Pemerintah Kota Jambi. Dapat mengetahui metodologi penghitungan dan kerangka konseptual penyelenggaraan inventarisasi emisi GRK di sektor sampah, energi, pertanian, peternakan, kehutanan dan penggunaan lahan lainnya di Kota Jambi. Dapat memanfaatkan berbagai instrument/perangkat yang diperoleh dalam Workshop untuk penghitungan emisi GRK di Kota Jambi. Memiliki pemahaman yang lebih mendalam untuk menyusun baseline dan target pengurangan emisi GRK sebagai bagian dari rencana aksi mitigasi di Kota Jambi berbasis pada hasil inventarisasi emisi GRK yang lebih baik. Terakhir, Pemerintah Kota Jambi mendapatkan informasi mengenai berbagai peluang pendanaan aksi mitigasi perubahan iklim yang dapat diakses setelah tersedianya inventarisasi emisi GRK, baseline emisi GRK, target pengurangan emisi RK dan Rencana Aksi mitigasi perubahan iklim.


Materi : https://drive.google.com/drive/folders/1KhEQGfixCjpA_SsxCn2gy__JX0DDiQZF?usp=sharing