image

The First Session on the 2024 UCLG ASPAC (United Cities and Local Government Asia-Pasific) Executive Bureau

Jambi(10/06/24), UCLG adalah asosiasi organisasi pemerintah daerah yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berpusat di Barcelona. Asosiasi ini, bertujuan untuk membantu memfasilitasi pemerintah daerah untuk melakukan fungsinya dalam mengembangkan daerahnya. Wujudnya, seperti program pelatihan kepada Pemerintah Daerah (pemda) khususnya di asia pasifik. Dan berbagai implementasi project-project di empat sub region, yakni asia tenggara, selatan, timur, dan pasifik. Tahun ini, Kabupaten Minahasa Utara dipercaya menjadi tuan rumah event berskala internasional, yakni: Kongres United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLG ASPAC). Kongres berskala internasional ini, diselenggarakan pada tanggal 5 sampai 7 Juni 2024. Kongres ini, mempertemukan para pemimpin daerah atau aktor-aktor kunci pembangunan negara se-Asia Pasifik, yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Dalam kesempatan Kali ini, Pemerintah Kota Jambi yang diwakili Kepala Bappeda Kota Jambi ikut berpartisipasi dalam rangka Menghadiri Undangan The First Session on the 2024 UCLG ASPAC (United Cities and Local Government Asia-Pasific) Executive Bureau dengan tema “Enhancing Sustainable Tourism and Creative Economy through Asia-Pasific Collaboration” yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut, delegasi Pemerintah Kota Jambi berpartisipasi dan berkontribusi aktif pada setiap acara.

Pemerintah Kota Jambi dipilih sebagai salah satu Narasumber pada side event UCLG ASPAC SCWLG Knowledge Exchange Event: Promoting Knowledge Exchange, Sharing and Learning for Gender Equality and Active Participation of Women in Decision-Making Roles within Local Governance (Acara Pertukaran Pengetahuan: Mempromosikan Pertukaran Pengetahuan, Berbagi dan Pembelajaran untuk Kesetaraan Gender dan Partisipasi Aktif Perempuan dalam Peran Pengambilan Keputusan dalam Pemerintahan Daerah). Pada kesempatan ini Pemerintah Kota Jambi berbagi tentang peran perempuan dalam lingkup pemerintahan di Kota Jambi, tantangan yang dihadapi, serta strategi untuk mendorong peran serta perempuan untuk ikut serta dalam mengambil posisi kepemimpinan dalam dunia pemerintahan di Kota Jambi.

Pada hari kedua yang merupakan puncak dari forum internasional ini, dilaksanakan Opening Ceremony yang diresmikan oleh Mr. Dakila Carlo Cua selaku Presiden UCLG ASPAC, dan Bapak Joune J.E. Ganda selaku Bupati Minahasa Utara. Di hari kedua ini, dilaksanakan pula beberapa pertemuan paralel, dimana Pemerintah Kota Jambi berpartisipasi sebagai Narasumber pada Parallel Meeting 2 tentang Rural-Urban Revitalisation Linkages in Tourism (Keterkaitan Revitalisasi Pedesaan-Perkotaan dalam Pariwisata). Pemerintah Kota Jambi berbagi pengalaman tentang upaya Kota Jambi untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakatnya dan kekurangan destinasi pariwisata. Dengan merevitalisasi ruang publik, Kota Jambi menarik minat penduduk dan wilayah sekitarnya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Pada hari ketiga, UCLG ASPAC mengajak para peserta delegasi untuk melakukan site visit (kunjungan lapangan) ke Pulau Lihaga, sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Minahasa dengan luas 5 hektar yang dikelilingi oleh pulau-pulau lain seperti Pulau Gangga, Talise dan Bangka. Melanjutkan rangkaian kegiatan di hari ketiga ini, Pemerintah Kota Jambi ikut menghadiri peresmian Hub Logistik Maritim UCLG ASPAC di Kantor Bupati Minahasa Utara, yang turut diha diri oleh Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC serta delegasi dari kota-kota lain.

“Event Internasional ini sangat penting bagi Pemerintah Kota Jambi, sebagai bagian dari promosi Pariwisata yang ada di Kota Jambi. Kehadiran para delegasi dan investor menunjukkan perhatian dunia internasional terhadap Kota Jambi,” ungkap Bapak Suhendri, SH., M.Si (Kepala Bappeda Kota Jambi). Dalam Paparannya, Bapak Suhendri, SH., M. Si tampil prima dan penuh percaya diri mempromosikan pariwisata di Kota Jambi dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai Official Language Event. Melalui forum internasional ini, Pemerintah Kota Jambi mendapatkan banyak praktik-praktik serta strategi terbaik tentang pengembangan dan optimalisasi pariwisata dari berbagai kota dan daerah peserta forum, antara lain : Pembangunan pariwisata berkelanjutan dan pengelolaan destinasi; Meningkatkan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pariwisata berkelanjutan; Mempromosikan revitalisasi kota untuk mendukung pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif; Memanfaatkan pengembangan ekonomi baru untuk pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif; Memanfaatkan transformasi digital dan teknologi untuk pengembangan pariwisata.